Tautan-tautan Akses

Korban Tewas Akibat Topan Sidr di Bangladesh Bisa Capai 10 Ribu Jiwa


Bantuan internasional terus mengalir ke Bangladesh yang diterjang badai, sementara pejabat-pejabat bantuan mengingatkan jumlah yang tewas bisa mencapai 10 ribu orang.

Para pejabat penanggulangan bencana Bangladesh telah menerima janji bantuan berjumlah 140 juta dolar dengan Arab Saudi sendiri memberi 100 juta dolar. Bantuan darurat juga datang dari PBB, Uni Eropa, Amerika, Inggris, India dan Kanada.

Dalam pada itu – pemerintah Bangladesh meningkatkan upaya mengirim pangan, air, tenda, dan barang keperluan lain ke daerah-daerah yang sulit dicapai di sepanjang pesisir selatan negara itu.

Kapal dan helikopter militer dikerahkan untuk mencapai ribuan penduduk yang diduga terkucil di pulau-pulau di Teluk Benggala serta daerah lain yang masih terputus hubungannya. Pihak berwajib khawatir berjangkit penyakit sebab mayat manusia maupun hewan membusuk di sungai-sungai dan lapangan terbuka.

Pemerintah menyatakan jumlah yang tewas lebih dari 3000 dan 1000 hilang. Bulan Sabit Merah di Bangladesh mengatakan jumlah yang tewas bisa mencapai 10 ribu orang.

Badai Sidr menerjang daerah pesisir Bangladesh hari Kamis lalu membinasakan ribuan rumah, merusak jalan dan memutuskan aliran listerik serta hubungan telefon. Gelombang laut yang ditimbulkan badai itu menelan sejumlah desa dan inilah penyebab sebagian besar kematian dan kerusakan. Badai Sidr adalah badai terburuk yang menerjang Bangladesh dalam lebih dari sepuluh tahun.


XS
SM
MD
LG