Tautan-tautan Akses

Polisi Turki Bentrok dengan Ratusan Pendukung Parpol Pro-Kurdi


Polisi di Turki tenggara bentrok dengan ratusan pendukung sebuah partai politik pro-Kurdi yang berusaha hendak dilarang pemerintah. Bentrokan itu terjadi di kota Van hari Sabtu saat para demonstran melakukan rapat umum bagi Partai Perhimpunan Demokratik, yang menurut pihak berwenang memiliki kaitan dengan pemberontak Kurdi.

Kejaksaan hari Jumat telah memulai proses hukum untuk melarang partai itu. Partai Perhimpunan Demokratik memiliki 20 kursi di parlemen.

Partai itu menyerukan otonomi bagi wilayah yang umumnya berpenduduk Kurdi di Turki tenggara sebagai cara mengakhiri kekerasan Partai Pekerja Kurdistan atau PKK yang sudah berlangsung lebih dari dua dasawarsa.

Sementara itu, secara terpisah Yunani dan Turki bersiap-siap membuka pipa saluran gas bersama, yang akan meningkatkan hubungan lebih jauh antara musuh tradisional.

Perdana Menteri Yunani Costas Karamanlis dan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan akan meresmikan pipa saluran gas itu hari Minggu ini, di dekat Sungai Evros yang membatasi kedua negara.

Pipa saluran kira-kira sepanjang 300 kilometer akan memompa gas dari Azerbaijan ke Yunani, dan akhirnya ke Italia dan Eropa Barat, menghubungkan jaringan Yunani dan Turki.

Menteri Energi Amerika Samuel Bodman akan menghadiri upacara hari Minggu ini, yang menandakan dukungan Amerika terhadap ketergantungan negara-negara Eropa pada sumber-sumber gas alam lain di luar Rusia. Pipa gas itu akan menyalurkan hampir 12 milyar meter kubik gas alam.

XS
SM
MD
LG