Tautan-tautan Akses

Ilmuwan 140 Negara Sepakati Rancangan Kekang Perubahan Iklim


Para ilmuwan dari kira-kira 140 negara telah mencapai konsensus mengenai rancangan untuk mengekang perubahan iklim yang diakibatkan ulah manusia.

Para delegasi dalam konferensi PBB hari Jumat di Valencia, Spanyol, menyetujui ringkasan data ilmiah yang memperingatkan bahwa kegiatan manusia dapat mengakibatkan perubahan iklim mendadak dan tidak dapat dipulihkan. Sekjen PBB Ban Ki Moon akan mengungkapkan rincian laporan itu hari ini di Spanyol.

Para ilmuwan mengatakan perubahan itu, termasuk pemanasan global, dapat menimbulkan gelombang panas, kemarau panjang, dan badai topan tropis – yang mengakibatkan kekurangan pangan dan air.

Dokumen 20-halaman tersebut, yang disepakati dalam pertemuan di Valencia didasarkan pada penelitian ilmiah dari seluruh dunia. Dokumen itu mengharuskan pemerintah negara-negara untuk memberlakukan kebijakan yang bertujuan untuk mengekang pelepasan gas yang menimbulkan pemanasan global.

Dokumen tersebut akan diserahkan kepada para menteri lingkungan yang akan mengadakan pertemuan bulan depan di Bali, Indonesia.

XS
SM
MD
LG