Tautan-tautan Akses

AS akan Tingkatkan Tekanan, Jika Iran Teruskan Pengayaan Uranium


Presiden Bush memperingatkan akan meningkatkan tekanan terhadap Iran jika negara itu tidak mau meninggalkan program pengayaan uranium.

Di Gedung Putih hari ini, Bush mengatakan dia dan Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda yang sedang berkunjung sependapat Iran yang bersenjata-nuklir akan mengancam keamanan Timur Tengah dan sekitarnya. Bush mengatakan dia ingin menyelesaikan krisis itu melalui sarana diplomatik.

Dalam laporan hari Kamis, badan nuklir PBB memuji Iran dengan kemajuan besar dalam mengungkapkan secara terinci program nukklirnyam tetapi mengatakan Teheran masih terus mengabaikan tuntutan Dewan Keamanan PBB untuk menghentikan pengayaan uranium. Proses pengayaan uranium dapat digunakan untuk membuat senjata nuklir.

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad hari ini menyerukan agar negara-negara besar dunia mengakui kekeliruan dalam menyetujui dua resolusi Dewan Keamanan PBB terhadap Iran berlandaskan apa yang dia sebut informasi salah.

Televisi negara Iran mengutip Ahmadinejad mengatakan laporan IAEA itu “relatif realistik” dan jauh sekali dari pengaruh negara-negara besar. Dia juga menyerukan agar Amerika mengubah perilakunya.

XS
SM
MD
LG