Tautan-tautan Akses

Negroponte di Pakistan untuk Tekan Musharraf Cabut UU Darurat


Seorang diplomat tinggi Amerika tiba di Pakistan hari ini untuk menekan Presiden Pervez Musharraf supaya mencabut undang-undang darurat dan menjamin pemilu demokratis yang ditetapkan berlangsung awal Januari.

Beberapa jam sesudah kedatangannya, Deputi Menteri Luar Negeri John Negroponte menelpon mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto, pemimpin oposisi terhadap Musharraf – yang menyerukan agar presiden Pakistan itu mundur.

Dalam pembicaraan mereka, Negroponte mengulangi pendirian Amerika agar kekuatan-kekuatan politik moderat bekerjasama membawa Pakistan kembali ke pemerintahan konstitusional.

Negroponte juga bertemu dengan kepala Dewan Keamanan Nasional Pakistan, Tariq Aziz. Dia diperkirakan akan bertemu dengan Jenderal Musharraf hari Sabtu.

Amerika Serikat telah berulang-ulang menyerukan agar Presiden Musharraf mengakhiri keadaan darurat, memulihkan konstitusi dan mundur dari jabatan pimpinan angkatan darat, meskipun Pakistan masih dianggap sebagai sekutu kunci dalam perang melawan terror.

XS
SM
MD
LG