Tautan-tautan Akses

Pakistan Membebaskan Benazir Bhutto dari Tahanan Rumah


Pihak berwenang Pakistan telah membebaskan mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto dari tahanan rumah, beberapa jam sebelum perdana menteri sementara yang baru dilantik Jumat ini.

Seorang pejabat tinggi kepolisian di kota Lahore, Pakistan Timur, mengatakan perintah penahanan Bhutto telah dicabut dan dia diizinkan bepergian tanpa pembatasan. Tetapi, pejabat tersebut mengatakan polisi akan tetap berada di luar rumahnya untuk melindunginya.

Pihak berwenang mengeluarkan perintah penahanan Senin petang untuk mencegah Bhutto memimpin pawai massal dari Lahore ke ibukota, Islamabad, untuk memprotes pemerintahan darurat Presiden Pervez Musharraf.

Di Islamabad, Presiden Musharraf Jumat ini melantik pemerintah sementara yang baru, yang dipimpin oleh sekutu eratnya, ketua Senat Mohammedmian Soomro.

Pemerintah sementara akan mengawasi pemilu anggota parlemen, yang telah dijanjikan oleh Jenderal Musharaf, akan diadakan 9 Januari.

Sementara itu, deputi Menteri Luar Negeri Amerika, John Negroponte, akan tiba di Pakistan hari ini untuk mengemukakan keprihatinan Amerika mengenai pemerintahan darurat.

XS
SM
MD
LG