Tautan-tautan Akses

Pemerintah Sementara Sedang Disiapkan di Pakistan


Presiden Pakistan Pervez Musharraf sedang memfinalkan rencana untuk membentuk pemerintahan sementara yang akan menggantikan parlemen sekarang ini dan mengawasi pemilihan bulan Januari yang diperkirakan dilangsungkan di bawah pemerintahan darurat.

Jendral Musharraf, yang masa jabatannya sekarang ini berakhir hari ini, telah memilih Ketua Senat Mohammedmian Soomro sebagai perdana mentri sementara. Soomro, yang akan dilantik hari Jumat ini, akan membantu mengawasi pemilihan yang dijanjikan oleh Presiden Musharraf akan diadakan 9 Januari nanti.

Para pemimpin oposisi tidak mempercayai janji itu, mengatakan bahwa pemilihan yang bebas dan adil tidak dapat diadakan di bawah pemerintahan keadaan darurat.

Dan seorang diplomat Amerika, Konsul Jendral Brian Hunt mengadakan pembicaraan dengan mantan PM Benazir Bhutto, yang tetap dalam tahanan rumah di Lahore dan berusaha membentuk sebuah persekutuan oposisi untuk menghadapi Jendral Musharraf.

Partai-partai oposisi mengatakan pemilihan yang bebas dan adil tidak akan bisa dilakukan jika Musharraf tidak segera mencabut undang-undang keadaan darurat yang diberlakukannya hampir dua minggu yang lalu.

Jurubicara Partai Rakyat Pakistan mengatakan mantan PM Benazir Bhutto sedang mengadakan pembicaraan dengan para politisi oposisi lain, termasuk mantan PM Nawaz Sharif, mengenai pembentukan aliansi untuk menggulingkan Presiden Musharraf.

XS
SM
MD
LG