Tautan-tautan Akses

Utusan HAM PBB Kunjungi Penjara Para Tahanan Politik Birma


Utusan urusan hak asasi PBB Paulo Sergio Pinheiro telah mengunjungi penjara Insein di Birma hari ini, dalam upaya berbicara dengan para tahanan politik sebelum mengakhiri kunjungan pertamanya ke negara itu dalam masa empat tahun.

Tidak jelas apakah ia dapat menemui para tahanan politik di penjara Insein itu. Ia diizinkan mengunjungi penjara itu hari Senin, tetapi hanya untuk menemui para petugas penjara, bukan tahanan politik. Para pejabat PBB kemudian mengatakan, kepada mereka diberikan jaminan bahwa Pinheiro akan dapat menemui para tahanan politik.

Birma menahan beberapa orang aktivis lagi pekan ini pada saat Pinheiro berada di negara itu, mengabaikan seruan internasional agar membebaskan para tahanan dan menghentikan penahanan.

Rabu kemarin, Pinheiro bertemu dengan diplomat tertinggi PBB di Birma, Charles Petrie, dan juga dengan lebih 20 diplomat.

Petrie mengatakan Pinheiro gusar disebabkan penahanan baru-baru ini seorang aktivis buruh terkemuka , Su Su Nway, yang keberadaannya tidak diketahui.


XS
SM
MD
LG