Tautan-tautan Akses

Ban Ki-moon Berharap Misi Gambari di Birma Hasilkan Dialog Berarti


Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan ia berharap proses yang dimulai Utusan Khusus PBB Untuk Birma Ibrahim Gambari akan menelurkan dialog yang berarti dalam kerangka waktu yang disepakati.

Ia menegaskan bahwa kembali ke stastus-quo seperti sebelum aksi protes disertai penumpasan belum lama ini tidak dapat diterima. Pernyataan Ban Ki-moon ini dikeluarkan di New York hari Senin setelah ia menerima laporan dari Ibrahim Gambari sekitar kunjungannya beberapa hari lalu ke Birma.

Dalam keterangan seusai kunjungan pekan lalu Gambari mengatakan jalan menuju dialog antara para pemimpin militer dan pemimpin oposisi yang ditahan Aung San Suu Kyi telah terbuka.

Sejak itu Aung San Suu Kyi telah mengadakan pertemuan dengan sejumlah anggota Liga Nasional Bagi Demokrasi untuk pertama dalam lebih dari tiga tahun. Ia juga telah bertemu dengan penghubung yang baru ditunjuk antara dirinya dan pemerintah.

Awal hari Senin penyelidik hak asasi manusia PBB mengunjungi rumah penjara yang terkenal bagi tahanan politik di Birma sebagai bagian dari penyelidikan atas penumpasan yang dilakukan pemerintah militer terhadap protes menentang pemerintah.

XS
SM
MD
LG