Tautan-tautan Akses

Musharraf: Pemilu Parlemen Pakistan Harus Dilakukan Sebelum 9 Januari


Presiden Pakistan Pervez Musharraf mengatakan pemilihan parlemen harus diselenggarakan sebelum 9 Januari, tetapi ia tidak memberikan tanggal bagi pengakhiran pemerintahan darurat.

Jendral Musharraf mengatakan hari Minggu bahwa dewan nasional dan provinsi akan dibubarkan pada tanggal 15 dan 20 November mendatang.

Ia juga bertekad melakukan sumpah jabatan sebagai presiden sipil dan mundur dari jabatan militernya. Tetapi ia mengatakan tidak bisa melakukan hal itu sampaik peradilan menyelesaikan sidang mengenai pemilihan kembali dirinya baru-baru ini.

Jendral Musharraf telah membubarkan Mahkamah Agung serta menuduh hakim ketua Iftikhar Chaudry dengan korupsi.

Hakim-hakim diperadilan yang baru dibentuk telah diambil sumpahnya dibawah konstitusi sementara, dan mereka dipandang sebagai bersimpati kepada Jendral Musharraf.

Presiden Musharraf mengatakan pemeirntahan darurat akan menjamin pemilihan berjalan bebas dan adil.

Penguasa telah menangkap ribuan pengunjuk rasa yang memprotes pemerintahan darurat, banyak diantaranya aktivis dari partai politik oposisi.

Sementara itu mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto tiba di Lahore hari Minggu, sebelum protes jalan kaki yang direncanakan untuk hari Selasa ke kota Islamabad. Sebelumnya Jendral Musharraf telah memberi peradilan militer wewenang untuk mengadili warga sipil yang dikenai sejumlah tuduhan.


XS
SM
MD
LG