Tautan-tautan Akses

Bush, Merkel Sepakat Perlunya Solusi Diplomatik Masalah Nuklir Iran


Presiden Bush dan Kanselir Jerman Angela Merkel sepakat perlunya penyelesaian diplomatik terhadap masalah nuklir Iran. Setelah mengadakan pertemuan hari Sabtu di Ranch Presiden Bush di Crawford, Texas, Kanselir Angela Merkel mengatakan, pengenaan sanksi babak baru lagi terhadap Iran harus dipertimbangkan apabila laporan Badan Tenaga Atom Internasional mengenai negara itu tetap tidak memuaskan.

Amerika Serikat dengan kuat mendesak dikenakannya sanksi babak baru terhadap Republik Islam Iran itu, yang telah menolak permintaan Dewan Keamanan PBB agar menghentikan kegiatan nuklirnya yang peka.

Meskipun kedua pemimpin tersebut pada umumnya sependapat mengenai isu itu, Kanselir Merkel mengatakan, ada perbedaan pendapat dalam bidang perubahan iklim. Angela Merkel mengatakan, ia yakin, konferensi yang akan datang di Bali mengenai isu itu akan berhasil.

Presiden Bush mengatakan ia sangat memperhatikan tentang perubahan iklim, dan menyatakan berminat dalam pengembangan teknologi yang dapat mengatasi isu itu tanpa merugikan perekonomian.

XS
SM
MD
LG