Tautan-tautan Akses

India Sepakat Adakan Debat di Parlemen Soal Persetujuan Nuklir dengan AS


Pemerintah India dan partai-partai politik sayap kiri yang mendukungnya telah sepakat untuk mengadakan perdebatan dalam parlemen mengenai persetujuan nuklir yang kontroversial dengan Amerika Serikat.

Kesepakatan itu diumumkan hari Sabtu setelah pembicaraan antara Perdana Menteri India Manmohan Singh dan para pemimpin senior Partai Komunis. Perdebatan itu menurut rencana akan diselenggarakan dalam sidang parlemen pada musim dingin yang berawal tanggal 15 November.

Sebuah pernyataan dari Kantor Perdana Menteri mengatakan, sidang komisi-bersama untuk mengatasi krisis itu yang dijadwalkan diadakan tanggal 16 November telah ditunda.

Menurut persetujuan, India akan menerima bahan bakar nuklir dan teknologi dari Amerika Serikat, yang mengakhiri larangan selama tiga dasawarsa.

Para politisi Partai Komunis India sebelumnya telah mengancam akan menarik diri dari koalisi yang berkuasa, kalau persetujuan itu dilaksanakan. Mereka mengatakan, persetujuan itu merongrong kebijaksanaan luar negeri dan program senjata nuklir India.

XS
SM
MD
LG