Tautan-tautan Akses

Bush: Konfrontasi Nuklir dengan Iran Bisa Dipecahkan Lewat Jalur Diplomatik


Presiden Bush mengatakan ia berpendapat konfrontasi dengan Iran mengenai program nuklirnya bisa dipecahkan lewat jalur diplomatik.

Dalam wawancara dengan televisi Jerman, Bush mengatakan mencari jalan keluar secara diplomatik merupakan topik penting pada saat ia bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di rumah pertaniannya di Texas dalam hari-hari mendatang.

Tetapi Bush juga mengatakan kalau Iran menghendaki pecahnya Perang Dunia Ketiga, salah satu caranya, katanya, adalah menyerang Israel dengan senjata nuklir. Wawancara berlangsung Selasa di Gedung Putih dan Gedung Putih merilis transkripnya pada hari Rabu.

Pada hari Rabu, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan negaranya telah mencapai sasaran nuklir utama, yakni mengoperasikan tiga ribu sentrifugal untuk pengayaan uranium. Ia membuat komentarnya dalam sebuah reli di Birjand, Iran Timur.

Ahmadinejad juga mengatakan program produksi bahan bakar nuklir Teheran tidak bisa ditiadakan.

Pakar Barat mengatakan tiga ribu sentrifugal yang beroperasi pada kondisi ideal akan memungkinkan produksi uranium diperkaya untuk bom atom dalam waktu satu tahun.

XS
SM
MD
LG