Tautan-tautan Akses

AS Kecam UU Keadaan Darurat, Desak Musharraf Segera Adakan Pemilu


Pemerintah Amerika mengecam Undang-Undang Keadaan Darurat yang diberlakukan Presiden Musharraf di Pakistan dan meminta Presiden Musharraf melepaskan jabatan militernya.

Presiden Bush mengatakan Menteri Luar Negeri Condoleezza Rice hari Senin telah berbicara dengan Musharraf untuk mengatakan bahwa Washington mengharapkannya secepat mungkin mengadakan pemilihan umum.

Selain itu Bush mengatakan bahwa Rice juga mengatakan kepada Musharraf bahwa jenderal tersebut harus turun dari jabatannya sebagai panglima militer. Presiden Bush memberi keterangan ini kepada wartawan dengan perdana menteri Turki Recep Tayyep Erdogan duduk di sampingnya.

Bush mengatakan ia mengingatkan Erdogan bahwa Jenderal Musharraf adalah seorang pemimpin dalam perang melawan ekstremis dan radikal. Seterusnya Bush mengatakan para pejabat Amerika sebelumnya sudah mengingatkan Musharraf jangan memberlakukan Undang-Undang Keadaan Darurat sebab hal itu merongrong demokrasi. Ia juga meminta Pakistan secepatnya kembali ke alam demokrasi.

Dalam perkembangan lain – Uni Eropa mengatakan hari Senin pihaknya sedang meninjau-ulang bantuan keuangannya kepada Pakistan. Sebelumnya menteri luar negeri Amerika Condoleezza Rice juga mengatakan bahwa Amerika sedang meninjau-ulang bantuan keuangan kepada Pakistan.

XS
SM
MD
LG