Tautan-tautan Akses

Condoleeza Rice Peringatkan Palestina Bisa Beralih ke Ekstremisme


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice memperingatkan bahwa Palestina bisa beralih ke ekstremisme apabila Israel dan Palestina tidak merundingkan sebuah persetujuan perdamaian.

Berbicara di Jerusalem hari Minggu, Rice mengatakan para pejabat harus bertindak dari sekarang guna menunjukkan kepada warga Palestina bahwa ada jalan maju, dan kalau tidak, maka para ekstremis yang akan menunjukkan mereka jalan selanjutnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Israel memberitahu Menteri Rice bahwa keamanan Israel harus dijamin sebelum fihaknya bisa menerima pembentukan sebuah negara Israel.

Keduanya bertemu ketika Menteri Luar Negeri Amerika itu melakukan kunjungan ke 8 kalinya kewilayah itu selama tahun ini guna membantu para pemimpin Israel dan Palestina mempersiapkan konferensi perdamaian Timur Tengah yang disponsori Amerika.

Livni juga mengatakan perunding Israel menghadapi “permasalahan” dalam pertemuan dengan pejabat Palestina, yang ditujukan untuk memperkecil perbedaan-perbedaan mereka sebelum konferensi berlangsung. Ia tidak memperinci lebih jauh.

Fihak Palestina menginginkan konferensi yang direncanakan itu mengumumkan sebuah dokumen terperinci yang menanggapi isu-isu kunci dalam konflik Timur Tengah itu. Fihak Israel cenderung menghendaki sebuah deklarasi dari prinsip-prinsip umum yang akan memandu pembicaraan selanjutnya.

XS
SM
MD
LG