Tautan-tautan Akses

Pemberontak Kurdi Bebaskan Delapan Tentara Turki


Para pejabat Kurdi di Irak utara mengatakan pemberontak Kurdi telah membebaskan delapan tentara Turki hari ini, dua pekan setelah menculik mereka dalam serangan di dalam wilayah Turki. Pembebasan itu dilakukan sehari setelah Perdana Menteri Irak, Nouri al Maliki mengatakan, pemerintahnya sedang mengambil langkah serius terhadap pemberontak Kurdi yang telah melancarkan serangan terhadap Turki yang bertetangga.

Dalam pernyataan di depan pertemuan besar internasional mengenai Irak di Istanbul hari Sabtu, Perdana Menteri Nouri al Maliki mengatakan, Irak hendaknya jangan dijadikan pangkalan untuk menyerang negara-negara tetangga. Turki telah mendesak Irak agar menindak keras pemberontak Partai Pekerja Kurdistan atau PKK yang ber-pangkalan di Irak utara.

Sementara itu, ribuan warga suku Kurdi melancarkan demonstrasi tertib hari Sabtu di distrik Silopi, Turki, dekat perbatasan Irak. Para demonstran mencela ancaman Turki akan menyeberang ke wilayah Irak untuk menyerang pemberontak Kurdi.

Dalam perkembangan lainnya, Dubes AS untuk Irak, Ryan Crocker mengatakan, dia berharap akan bertemu dengan Dubes Iran untuk membahas isu keamanan Irak. Crocker mengumumkan hal itu hari Sabtu di Istambul di sela konferensi mengenai Irak. Dikatakannya, pertemuan itu akan terjadi dalam beberapa pekan mendatang.

Pada pertemuan bulan Juli, Crocker mengatakan, dia dan Dubes Iran Hassan Kazemi Qomi, berbantah sengit mengenai tuduhan Washington bahwa Iran meningkatkan dukungannya kepada kaum militan Shiah di Irak, dan Iran menyangkal tuduhan itu.

Juga hari Sabtu, Menlu Iran Mottaki mendesak PBB agar membuat rencana bagi penarikan semua pasukan asing dari Irak.

Sementara itu, militer AS mengatakan, tentara AS menewaskan 5 anggota kawanan bersenjata dan menangkap 10 lainnya di Irak tengah dan utara.

XS
SM
MD
LG