Tautan-tautan Akses

Polisi Pakistan Tangkap Ketua Partai Nawaz Sharif


Kepolisian Pakistan telah menangkap penjabat ketua partai mantan perdana menteri Nawaz Sharif hari ini, sehari setelah Presiden Pervez Musharraf menyatakan keadaan darurat. Penahanan Javed Hashmi di kota Multan Pakistan tengah itu merupakan salahsatu dari beberapa penangkapan sejak Presiden Musharraf membekukan konstitusi dan memberhentikan ketua mahkamah agung negara itu.

Beberapa jam sesudah pasukan keamanan menutup jalan-jalan utama di seputar gedung-gedung pemerintah dan memberlakukan pengekangan ketat atas media hari Sabtu, Jenderal Musharraf tampil di televisi nasional untuk membela keputusannya.

Dia menyalahkan peningkatan kekerasan oleh kum militan Islam serta serangkaian keputusan pengadilan yang meruntuhkan semangat para pejabat penegak hukum, membebaskan orang-orang yang diketahui adalah teroris, dan merongrong usahanya untuk membawa negara itu menuju demokrasi.

Tetapi para pengecam Musharraf mengatakan tindakan itu merongrong demokrasi dan akan semakin mendorong kaum militan. Presiden Pakistan itu mengatakan dia tetap berkomitmen menyelenggarakan pemilu legislatif tetapi tidak mengatakan apakah akan mempertahankan jadwal penlaksanaannya pada bulan Januari.

Di India, Direktur Lembaga Studi Perdamaian dan Konflik, Mayor Jenderal Dipankar Banerjee, purnawirawan, mengatakan India akan terus berdiam diri untuk menghindar turutcampurtangan dalam konflik politik di Pakistan. Banerjee mengatakan: "Kecuali jika situasi berubah banyak dan berbagai kekuatan muncul dalam Pakistan, India tidak akan terlibat dalam proses demokrasi di Pakistan."

XS
SM
MD
LG