Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Demonstrasi Anti Perang di Kota-Kota Amerika


Puluhan ribu demonstran anti perang berpawai di kota-kota di seluruh Amerika Sabtu kemarin menuntut penarikan segera pasukan Amerika dari Irak.

Salah satu demonstrasi terbesar diadakan di kota San Francisco, Kalifornia, dimana sekurang-kurangnya 10 ribu orang berpawai melalui jalan-jalan kota itu.

Sebagai bagian dari demonstrasi itu, orang-orang yang berpawai membaringkan diri di sebuah jalan di San Francisco untuk melambangkan tentara Amerika dan warga sipil Irak yang tewas dalam perang Irak.

Demonstrasi anti perang itu diikuti oleh paling sedikit lima ribu aktivis di Chicago, dan beberapa ribu orang di New York. Di Boston, pemrotes Myra Wilson mengatakan dia merasa dampak demonstrasi ini positif. Katanya, "Saya menjadi bersemangat. Saya rasa dukungan bagi kita sangat kuat agar pasukan kita ditarik pulang dan mengakhiri perang yang tidak perlu ini.”

Aksi-aksi unjuk rasa itu merupakan bagian dari hari aksi nasional yang disponsori oleh koalisi Bersatu untuk Perdamaian dan Keadilan untuk memperingati hari ulang tahun ke-5 pemungutan suara oleh Senat Amerika yang memberi izin untuk menyerang Irak.

XS
SM
MD
LG