Tautan-tautan Akses

Pemerintah Sudan Umumkan Gencatan Senjata Sepihak di Darfur


Pemerintah Sudan telah mengumumkan gencatan senjata sepihak di Darfur dalam pembicaraan perdamaian yang bertujuan mengakhiri konflik yang berlangsung hampir 5 tahun di daerah itu. Penasehat Presiden Sudan Nafie Ali Nafie mengumumkan langsung gencatan senjata sepihak itu sementara pembicaraan yang disponsori PBB dan Uni Afrika dibuka hari Sabtu di Sirte, Libya.

Kantor berita REUTER melaporkan para pemimpin pemberontak Aliansi Demokrasi Federal Sudan menyatakan keraguan mengenai pengumuman tersebut, yang mengatakan, pemerintah telah gagal menghormati gencatan senjata sebelumnya.

Pembicaraan itu dibuka tanpa dihadiri kelompok-kelompok utama pemberontak. Para pemimpin pemberontak Gerakan Persamaan Hak dan Keadilan, dan Persatuan Laskar pembebasan Sudan Telah mengumumkan hari Jum’at bahwa mereka tidak akan menghadiri pertemuan itu.

Perunding utama Gerakan Persamaan Hak dan Keadilan Ahmed Tugod Lisaan mengatakan, kelompoknya dan Persatuan Laskar Pembebasan Sudan memboikot pembicaraan itu karena kehadiran faksi-faksi kecil pemberontak, yang dikatakannya diundang karena Khartoum menghendaki mereka terlibat dalam pembicaraan.

XS
SM
MD
LG