Tautan-tautan Akses

Pesawat Turki Membom Posisi Pemberontak Kurdi di Irak


Pejabat Turki mengatakan fihak militer telah melancarkan tembakan kearah posisi pembrontak Kurdi didalam wilayah Irak Utara sejak terjadi pencegatan oleh pembrontak dekat perbatasan hari Minggu yang menewaskan 12 tentara Turki.

Kantor Berita resmi Turki mengatakan pesawat tempur telah membom posisi pemberontak pada hari Rabu.

Seorang pejabat mengatakan unit artileri Turki menembakkan meriam ke pangkalan yang dicurigai merupakan basis pembrontak diseberang perbatasan Selasa malam.

Mereka mengatakan ini merupakan balasan terhadap pencegatan hari Minggu di Turki Tenggara, dan bukan bagian dari serangan masuk ke Irak secara besar-besaran.

Dalam perkembangan terkait Dewan Keamanan Nasional Turki menyerukan pemerintah untuk mengambil langkah-langkah ekonomi terhadap kelompok yang menurut Dewan itu secara langsung atau tidak langsung membantu pembrontak Partai Pekerja Kurdistan atau PKK.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan Dewan itu tidak memperinci langkah ekonomi apa yang sedang dipertimbangkan atau kelompok mana yang akan disasarkan.

Dalam perkembangan lainnya, Presiden Irak Jalal Talabani membantah laporan Turki bahwa ia menawarkan ekstradisi para pemimpin pembrontak kepada Turki.


XS
SM
MD
LG