Tautan-tautan Akses

Rice: Kegiatan Iran Tantangan Terbesar bagi Kepentingan AS


Menteri Luar Negeri Condoleeza Rice mengatakan kegiatan Iran mewakili apa yang disebutnya sebagai “tantangan terbesar” terhadap kepentingan keamanan Amerika.

Dalam kesaksian hari Rabu dihadapan panil Kongres, Rice mengatakan pemerintah Iran menjalankan kebijakan yang merugikan kepentingan jangka panjang rakyat Iran, tetangga-tetangga Iran dan wilayah sekitarnya.

Rice mengatakan kepada Komit Luar Negeri DPR Amerika, apa yang disebutnya sebuah perkembangan yang relatif baru, dimana ia menuduh Iran memberi dukungan kepada militan Hamas di Palestina.

Ia juga mengatakan Amerika dan mitra internasionalnya sedang berusaha menjalankan pendekatan dua jalur untuk memecahkan isu nuklir Iran.

Amerika menuduh Iran mengusahakan pemilikan senjata nuklir dan mendukung milisi, teramsuk pembrontak Shiah di Irak, yang melakukan serangan maut terhadap pasukan Amerika.

Menyinggung topik lainnya, Rice membela konferensi Israel Palestina yang disponsori Amerika, dan katanya hal itu perlu. Pengecam mengatakan pertemuan yang direncanakan di Annapolis, Maryland itu tidak tepat waktu.


XS
SM
MD
LG