Tautan-tautan Akses

Erdogan: Turki Tak Bisa Tunggu Sampai Irak Tumpas Pemberontak Kurdi


Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pemerintahnya tidak bisa menunggu terus menerus sampai Irak menumpas pembrontak Kurdi, yang memanfaatkan Irak Utara untuk melancarkan serangan ke Turki.

Pemimpin Turki itu membuat komentar tersebut pada konperensi pers bersama di London hari Selasa menyusul pembicaraan dengan Perdana Menteri Inggris Gordon Brown.

Erdogan mengatakan Turki tidak memiliki ambisi akan wilayah Irak, tetapi ia memperingatkan pemerintahnya siap mengambil langkah militer terhadap Partai Pekerja Kurdistan atau PKK setiap saat.

Perdana Menteri Brown mengecam aksi PKK dan berjanji akan mendukung Turki. Ia mengatakan Inggris menghargai penahanan diri yang ditunjukkan sejauh ini oleh Turki.

Di Baghdad Menteri Luar Negeri Irak Hoshyar Zebari mengatakan pemerintahnya akan membantu Turki memerangi pembrontak itu. Ia berbicara kepada reporter hari ini setelah bertemu dengan counterpartnya dari Turki, Ali Babacan.

Babacan mengatakan Turki cenderung menyelesaikan urusannya dengan PKK lewat langkah diplomatik, tetapi ia menolak tawaran genjatan senjata dari pembrontak Senin, katanya gencatan senjata hanya mungkin antar negara dan tidak dengan organisasi teroris.


XS
SM
MD
LG