Tautan-tautan Akses

Teheran Kecam Prancis karena Desak Sanksi UE Terhadap Iran


Iran mengeritik Prancis karena mendesak Uni Eropa mengenakan sanksi terhadap Iran karena program nuklirnya yang kontroversial. Menteri luar negeri Iran, Manoucher Mottaki mengatakan dalam surat kepada menteri luar negeri Prancis, Bernard Kouchner bahwa memaksakan yang disebutnya sanksi sepihak bertentangan dengan hukum dan melanggar Piagam PBB.

Mottaki menambahkan, upaya Prancis adalah bagian dari kebijakan kalah. Seterusnya Mottaki mengatakan, Iran adalah negara bertanggungjawab namun tidak akan melepaskan haknya.

Sanksi dan kesulitan, katanya, hanya akan menolong Iran ke arah mencapai ketidak-tergantungan (independen), swa-sembada dan peningkatan dalam teknologi. Kouchner bulan lalu mendapat protes dari Iran karena mengatakan dunia harus siap menghadapi kemungkinan perang dengan Iran mengenai isu nuklir itu.

Perunding utama dan baru Iran untuk isu nuklir Saeed Jalili bersama yang digantikannya Ali Larijani hari Selasa akan bertemu di Roma dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Javier Solana tentang program nuklir Iran. Lariyani mengundurkan diri sebagai perunding utama Iran terhitung hari Sabtu.

XS
SM
MD
LG