Tautan-tautan Akses

Presiden Bakiyev Bubarkan Parlemen Kyrgyzstan


Pejabat-pejabat Kyrgyzstan mengatakan Presiden Kurmanbek Bakiyev hari Senin menandatangani perintah pembubaran Parlemen setelah dalam referendum hari Minggu para pemilih dengan jumlah suara luarbiasa besar setuju dilakukan perubahan menyeluruh terhadap Konstitusi.

Kantor presiden belum dapat menjelaskan kapan pemilihan umum baru diadakan. Satu laporan menyatakan kemungkinan besar penghujung bulan Desember.

Pejabat-pejabat pemilihan di ibukota Bishkek mengatakan 75% pemilih mendukung perubahan Konstitusi dan 80% pemilih menggunakan hak pilih mereka hari Minggu.

Rancangan Konstitusi menyebut pemilihan anggota Parlemen dilakukan berdasarkan sistem perwakilan proporsional dengan pemilih memilih dari daftar nama calon partai tidak seperti selama ini memilih satu calon dari tiap daerah pemilihan.

Presiden Bakiyev mendukung perubahan itu dengan mengatakan perubahan akan membawa stabilitas bagi Kyrgyzstan. Negara yang terletak di Asia Tengah ini sering mengalami pergolakan politik sejak tahun 2005 tatkala pemberontakan rakyat menjatuhkan mantan Presiden Askar Akayev.

XS
SM
MD
LG