Tautan-tautan Akses

Gates: AS Harus Ambil Langkah Nyata Terhadap Pemberontak Kurdi di Irak


Menteri Pertahanan AS, Robert Gates mengatakan Amerika harus mengambil langkah yang disebutnya “tindak nyata” terhadap pembrontak Kurdi di Irak Utara yang menewaskan paling sedikit 12 tentara Turki dalam serangan lintas perbatasan.

Menteri Vecdi Gohul bertemu dengan Menteri Pertahanan Robert Gates hari Minggu selama berlangsungnya konferensi menteri pertahanan di Ukraina.

Gonul mengatakan gerilya dari Partai Pekerja Kurdistan, kelompok teroris yang yang dilarang, menyebabkan penderitaan di Turki. Tetapi ia mengatakan pemerintahnya tidak bermaksud segera memasuki Irak Utara untuk membalas serangan Kurdi itu.

Menteri Pertahanan Turki mengatakan Turki bermaksud melakukan langkah semacam itu bersama-sama dengan pasukan Amerika.

Parlemen Turki minggu lalu memberi otorisasi bagi operasi lintas perbatasan ke Irak Utara guna memerangi PKK. Tetapi ketimbang masuk Irak sekarang, kata Gonul, para perencana militer Turki sedang berusaha mengumpulkan lebih banyak intelejen.

Gates mengatakan ia merasa lega bahwa Turki tidak akan mengambil langkah sendiri. Kepala Pentagon itu mengatakan mengirimkan pasukan berkekuatan besar ke Irak tanpa intelejen yang cukup atau sasaran yang jelas akan menimbulkan korban dan kerusakan yang tidak perlu.

XS
SM
MD
LG