Tautan-tautan Akses

Parlemen Libanon Kemungkinan Tunda Pemilihan Presiden


Laporan-laporan dari Libanon mengatakan parlemen kemungkinan besar akan menunda pemilihan presiden yang dijadwalkan hari Selasa, untuk memberikan lebih banyak waktu bagi faksi-faksi yang bertentangan untuk berkompromi menyetujui seorang kandidat.

Kantor-kantor berita mengutip sumber-sumber politik yang tidak mau disebut namanya mengatakan negosiasi antara faksi-faksi itu menunjukkan gerakan menuju penyelesaian atas kebuntuan penentuan calon presiden.

Sementara itu, Menlu Bernard Kouchner dari Prancis, Massimo D’Alema dari Italia dan Miguel Angel Moratinos dari Spanyol bertemu dengan Perdana Menteri Lebanon Fuad Siniora dan ketua parlemen Nabih Berri dengan harapan mengatasi kebuntuan dalam pemilihan presiden itu.

Bulan September, wakil-wakil yang dipimpin Hezbollah memboikot parlemen untuk mencegah faksi mayoritas parlemen yang anti Syria memilih seorang kepala pemerintahan baru.

Bila kebuntuan itu terus berlangsung, sebagian kalangan khawatir Libanon bisa terpecah antara dua pemerintahan yang bersaing.

XS
SM
MD
LG