Tautan-tautan Akses

Bush: Iran Harus Dicegah Miliki Senjata Nuklir untuk Hindari PD III


Presiden Bush mengatakan para pemimpin dunia akan menghadapi risiko Perang Dunia Ketiga apabila mereka tidak melakukan usaha lebih banyak untuk mencegah Iran memperoleh senjata nuklir.

Bush mengatakan dalam sebuah konferensi pers di Gedung Putih bahwa ia menganggap ancaman dari Iran yang memiliki senjata nuklir sangat serius. Ia mencatat bahwa Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad pernah mengatakan bahwa Israel harus dihancurkan.

Bush mengatakan Amerika akan terus mendesak pemberlakuan sanksi ekonomi yang ketat terhadap Iran. Ia mengatakan fihak-fihak yang disebutnya “kalangan bertanggung jawab” di dalam negeri Iran akan merasa bosan dengan isolasi dan memutuskan kebijakan yang kini dijalankan Iran tidak ada manfaatnya.

Setelah bertemu dengan Presiden Ahmadinejad di Iran minggu ini, Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan dukungannya untuk program nuklir Iran. Ia juga mengatakan ia tidak melihat bukti-bukti bahwa Iran sedang berusaha membangun bom nuklir.

Bush mengatakan hari Rabu ia berharap Putin akan menjelaskan pernyataannya itu. Ia mengatakan Putin mengatakan kepadanya bulan lalu, ketika menghadiri KTT APEC di Australia, bahwa dunia harus mengusahakan agar Iran jangan sampai memiliki kemampuan membuat senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG