Tautan-tautan Akses

Parlemen Turki Setujui Tindakan Militer Terhadap Pemberontak Kurdi


Parlemen Turki dengan selisih suara besar telah memberikan persetujuan bagi tindak militer terhadap pembrontak Kurdi di Irak Utara. Langkah ini memberi pemerintah Turki otorisasi selama satu tahun untuk memerintahkan operasi lintas perbatasan terhadap pembrontak.

Dalam konperensi pers di Gedung Putih, Presiden Bush mengatakan ia berpendapat Turki tidak akan mendapatkan keuntungan kalau mengirim pasukan masuk kewilayah Irak. Ia mengatakan Washington memahami keprihatinan Turki sehubungan pembrontak Kurdi itu, tetapi ada cara yang lebih baik untuk menanggapi isu ini.

Sebelum pemungutan suara hari ini, Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan mengatakan diloloskannya mosi itu tidak berarti bahwa serangan itu segera dilakukan. Ia mengatakan Turki akan bertindak pada saat dan kondisi yang tepat.

Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki menelpon counterpart nya dari Turki sebelum pemungutan suara berlangsung, dan mengulangi komitmen Irak untuk menghentikan penggunaan wilayah Irak sebagai basis dari pembrontak Kurdi.

XS
SM
MD
LG