Tautan-tautan Akses

Delegasi Mesir Kunjungi Sudan untuk Redakan Ketegangan


Delegasi tingkat tinggi Mesir mengunjungi Sudan hari ini untuk berusaha mengurangi ketegangan antara pemerintah pusat dan bekas pemberontak dari Sudan selatan.

Menteri Luar Negeri Mesir Aboul Gheit dan kepala intelijens Omar Sulaiman akan bertemu dengan kedua pihak di ibukota Sudan, Juba, di Sudan selatan.

Partai bekas pemberontak, Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan(SPLM), menarik diri dari koalisi yang berkuasa di Sudan pekan lalu, menuduh Presiden Omar al-Bashir melanggar perjanjian damai tahun 2005.

Deputi pemimpin bekas pemberontak, Riek Machar, bertemu dengan Presiden Bashir di Khartoum Selasa kemarin untuk membicarakan tuntutan partai itu. Machar mengatakan pertemuan itu berlangsung dengan baik dan mengatakan ketua partai Salva Kiir akan mengunjungi kota itu untuk mengadakan pembicaraan dengan Bashir selambat-lambatnya Kamis besok.

Kedua pihak saling menyalahkan karena gagal melaksanakan persetujuan tahun 2005 yang mengakhiri perang saudara utara-selatan di Sudan. Namun mereka mengatakan mereka tidak menginginkan terjadi lagi konflik.

XS
SM
MD
LG