Tautan-tautan Akses

Olmert Pertanyakan Perlunya Kontrol Israel Atas Kawasan Arab Yerusalem


Perdana menteri Israel, Ehud Olmert telah mempertanyakan kontrol negaranya atas kawasan penduduk Arab di Yerusalem timur. Hal ini dikemukakannya dalam pidato memperingati anggota penting sayap kanan di Parlemen Israel yang dibunuh militan Palestina. Olmert bertanya apakah perlu bagi Israel untuk mengontrol kawasan Arab di Yerusalem timur.

Pertanyaan itu diucapkannya sehari setelah mengadakan pembicaraan dengan menteri luar negeri Amerika Condoleezza Rice dan pada hari sama Rice mengadakan pembicaraan dengan presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Dalam jumpa pers bersama dengan Presiden Abbas di Ramallah, Rice mengatakan Israel dan Palestina sama-sama berusaha keras dalam beberapa tahun untuk mengakhiri pertikaian antara keduanya. Menurutnya, menyelesaikan pertikaian Israel-Palestina oleh Presiden Bush telah dijadikan selaku salah satu prioritas utama pemerintahannya.

Presiden Abbas dan Perdana Menteri Olmert belakangan ini menggarap satu deklarasi bersama sebelum konperensi perdamaian yang disponsor Amerika bulan depan untuk meletakkan kerangka kerja menuju pembentukan negara Palestina.

XS
SM
MD
LG