Tautan-tautan Akses

Gambari Minta Militer Birma Hentikan Penangkapan Para Aktivis


Utusan PBB Ibrahim Gambari meminta pemerintah militer Birma menghentikan penangkapan aktivis pro-demokrasi, dan membebaskan semua tahanan politik.

Kepada wartawan di Bangkok dia mengatakan hari ini, penangkapan terbaru yang dilakukan Birma terhadap para disiden terkemuka sangat merisaukan. Kelompok-kelompok hak asasi mengatakan empat aktivis politik paling terkemuka telah ditangkap dalam beberapa hari terakhir.

Mereka termasuk diantara ribuan biksu dan aktivis yang ditangkap sejak pihak penguasa Birma menghentikan demonstrasi massal dengan kekerasan militer yang menelan korban jiwa bulan lalu.

Gambari berada di Thailand untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat tingi sebagai bagian dari lawatan ke Asia untuk mengerahkan dukungan internasional bagi rekonsiliasi politik di Birma.

Dia selanjutnya akan menuju Malaysia, sebelum ke Indonesia, India, Cina dan Jepang. Dia kemudian berencana kembali ke Birma, di mana ia melangsungkan pembicaraan dengan pemimpin militer senior Than Shwe dan tokoh demokrasi yang ditahan Aung San Suu Kyi bulan lalu.

XS
SM
MD
LG