Tautan-tautan Akses

Menlu Rice Bertemu Para Pemimpin Israel di Jerusalem


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice bertemu dengan para pemimpin Israel sebagai permulaan dari misi perdamaian Timur Tengahnya yang terbaru, setelah ia mengingatkan bahwa sangat tidak mungkin akan terjadi terobosan baru antara Israel dan Palestina pada saat ini.

Rice berbicara dengan Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak dan Perdana Menteri Ehud Olmert. Ia menurut rencana akan mengadakan makan malam hari Minggu dengan Perdana Menteri Palestina Salam Fayyad. Ia akan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas minggu ini.

Kunjungan empat hari Menteri Rice ditujukan untuk mempersiapkan konferensi perdamaian Timur Tengah yang disponsori Amerika bulan depan.

Abbas menghendaki agar Israel menyetujui sebuah jadual bagi pemecahan pertikaian utama, seperti status Jerusalem dan pengungsi Palestina. Israel cenderung menghendaki sebuah deklarasi mengenai prinsip-prinsip yang ingin ditegakkan kedua belah fihak.

Rice mengatakan Minggu bahwa fihak-fihak diwilayah itu harus berhati-hati dan menghindari tindakan atau pernyataan yang bisa melunturkan pemecahan dua negara dalam konflik Israel Palestina.

XS
SM
MD
LG