Tautan-tautan Akses

Militer Turki Tembakkan Mortir ke Kawasan Kurdi di Irak Utara


Saksi mengatakan militer Turki telah menembakkan beberapa mortir ke sebuah desa di Irak Utara, tetapi tak ada korban jatuh yang dilaporkan.

Mortir ini jatuh disebuah desa dekat perbatasan dengan Turki, di provinsi Dahuk Sabtu sore.

Sebelumnya, pada hari Sabtu, dua utusan Amerika, Asisten Menteri Luar Negeri Dan Fried dan Deputi Menteri Pertahanan Eric Edelman, bertemu dengan para pejabat Turki untuk mengusahakan secara diplomatik pencegahan serangan militer Turki ke Irak Utara.

Para diplomat Amerika ini berjanji mereka akan memperingatkan pemerintah Irak mengenai keprihatinan Turki sehubungan dengan kegiatan pembrontak Kurdi diwilayah itu.

Pemerintah Turki sedang mengusahakan persetujuan dari perlemen minggu ini bagi sebuah operasi militer di Irak Utara. Ankara menuduh pembrontak yang berbasis di Irak melakukan serangan maut di Turki Tenggara.

Utusan Amerika mengatakan kepada pejabat Turki mereka akan berusaha untuk menjamin agar Kongres Amerika tidak memberikan persetujuannya pada sebuah resolusi yang menggolongkan pembunuhan orang Armenia oleh Turki Ottoman pada awal 1900 sebagai genosida.

XS
SM
MD
LG