Tautan-tautan Akses

Raja Thailand Dirawat di Rumah Sakit Akibat Gangguan Aliran Darah di Otak


Istana kerajaan Thailand mengatakan Raja Pumipon Adundet akan tetap berada di Rumah Sakit Bangkok untuk waktu tertentu, menyusul pengobatan terhadap aliran darah yang tidak lancar keotaknya. Pernyataan istana hari Minggu itu tidak memperinci berapa lama raja berusia 79 tahun itu akan tinggal dirumah sakit. Tetapi katanya kondisinya membaik, dan sisi kanan tubuhnya mulai menunjukkan kembali kekuatan.

Ratusan orang berkumpul diluar Siriraj Hospital untuk mendoakan kesembuhannya. Raja Pumipon Adundet sangat dihormati di Thailand. Ia merupakan pemersatu negara itu ketika Thailand dilanda krisis politik dan kudeta militer.

Raja Pumipon merupakan raja yang paling lama berkuasa, dan ia menduduki kursi kerajaan Thailand selama 61 tahun.

Secara terpisah, Polisi Thailand mengatakan enam turis Eropa dan pemandu mereka tewas ketika sebuah banjir bandang menyebabkan mereka terperangkap di sebuah gua di Thailand Selatan. Polisi mengatakan Minggu, dua pemandu Thai, seorang warga Inggris, anak laki-laki Jerman dan empat warga Swiss tenggelam. Seorang perempuan Inggris yang terperangkap di gua itu selamat.

Penguasa mengatakan kelompok ini sedang melakukan eksplorasi di sebuah gua, di Taman Nasional Khao Sok, di provinsi Surathani hari Sabtu, ketika hujan lebat menyebabkan banjir bandang.

XS
SM
MD
LG