Tautan-tautan Akses

Taliban Bebaskan Seorang Warga Jerman dan 4 Afghanistan


Militan Taliban telah membebaskan seorang warga Jerman dan empat warga Afghanistan yang disandera di Afghanistan sejak Juli, sebagai pertukaran pembebasan beberapa tahanan Taliban.

Seorang pejabat Afghanistan di provinsi Wardak mengatakan pertukaran sandera itu dilakukan Rabu pagi. Kantor berita resmi dan swasta Afghanistan, Pajhwok, menyatakan militan Taliban yang dibebaskan itu terkait dengan para penculik.

Warga Jerman – Rudolf Blechschmidt – ditangkap di provinsi Wardak tengah bersama lima warga Afghanistan dan seorang warga Jerman lainnya yang sakit selama dalam tawanan dan ditembak mati. Salah seorang warga Afghanistan yang disandera kemudian melarikan diri.

Menteri luar negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier mengukuhkan pembebasan insinyur Jerman tersebut, seraya mengatakan para pejabat Jerman gembira dengan pembebasan itu.

Blechschmidt muncul dalam sebuah rekaman video bulan Agustus, memohon pembebasannya dan mengatakan kesehatannya memburuk. Para penculik Taliban menuntut Jerman agar menarik pasukannya yang bergabung dengan misi NATO di Afghanistan. Pemerintah Jerman menolak tuntutan itu.

XS
SM
MD
LG