Tautan-tautan Akses

Panel Kongres AS Sahkan Resolusi Genosida oleh Dinasti Ottoman


Dengan penolakan keras Turki dan Gedung Putih, sebuah panel Kongres Amerika telah mensyahkan resolusi yang menyatakan pembunuhan massal orang-orang Armenia di bawah kekuasaan Kerajaan Ottoman pada awal abad ke-20 sebagai genosida.

Komisi luar negeri DPR Amerika menyetujui rancangan undang-undang itu hari Rabu dengan suara 27 lawan 21. RUU itu kemudian akan dibahas dan ditentukan dengan pemungutan suara seluruh anggota DPR Amerika.

Presiden Turki Abdullah Gul dengan keras mencela RUU itu, menyebutnya tidak dapat diterima, dan dia mengatakan RUU itu tidak memiliki validitas di antara bangsa Turki.

Dia mengatakan anggota DPR Amerika yang menyetujui RUU itu mengabaikan apa yang dia sebut akal sehat demi kepentingan politik kecil.

Presiden Bush mendesak para pembuat undang-undang Amerika agar menolak rancangan itu, dengan mengatakan setiap orang menyesalkan apa yang disebut “pembunuhan massal bersejarah terhadap warga Armenia.”

Namun ujarnya, resolusi itu akan sangat merugikan hubungan dengan Turki yang merupakan sekutu penting dalam NATO dan upaya-upaya anti-terorisme. Turki juga merupakan jalan terusan bagi pasukan Amerika yang bertempur di Irak dan Afghanistan.

XS
SM
MD
LG