Tautan-tautan Akses

22 Menteri Somalia Pimpinan PM Gedi Mengundurkan Diri


Duapuluh dua menteri Kabinet Perdana Menteri Somalia, Ali Mohamed Gedi telah mengundurkan diri, memberi pukulan keras bagi pemerintahan negara tersebut yang sedang mengalami transisi.

Pengunduran diri hari kamis ini terjadi sebelum pemilihan suara yang direncanakan minggu ini di parlemen Somalia untuk menentukan apakah akan memberikan kepercayaan kepada Perdana Menteri Gedi.

Sumber di parlemen memberitahu VOA bahwa PM Gedi memiliki banyak lawan yang telah telah mendesak Presiden Abdullahi Yusuf agar menunjuk PM yang baru.

Beberapa situs berita di Somalia melaporkan bahwa mereka yang mengundurkan diri hari ini termasuk menteri departemen pertahanan, kesehatan, pendidikan dan energi.

Para pejabat mengatakan PM Gedi tidak terluka hari ini ketika seseorang yang dicurigai sebagai pembom bunuh diri meledakkan mobil dekat hotel di kota Baidoa dimana PM sedang menginap.

Serangan tersebut mentargetkan basis Angkatan Darat yang digunakan oleh pasukan Ethiopia untuk membantu pemerintahan interim Somali. Pembom dan dua orang tentara tewas.

XS
SM
MD
LG