Tautan-tautan Akses

SITE: Pembocoran Video al-Qaida Rusak Upaya Memonitor Organisasi Teroris


Sebuah perusahaan intelejen swasta mengatakan penanganan video al-Qaida oleh pemerintah telah merusak upaya bertahun-tahun untuk memonitor organisasi teroris Muslim.

Menurut laporan di Washington Post, SITE Intellegence memberi dua pejabat senior pemerintah akses ke sebuah video yang dibuat Osama bin Laden bulan lalu, sebelum dirilis oleh al-Qaida, dengan syarat hal itu tidak akan diumumkan ke masyarakat.

Pendiri SITE Rita Katz mengatakan kepada Post, bahwa video itu dibocorkan kepada televisi dan disiarkan keseluruh dunia hari itu juga.

Katz mengatakan pembocoran itu menyebabkan al-Qaida mengetahui adanya penelusupan kedalam jaringan keamanannya dan kemudian mereka menghancurkan operasi yang sudah berlangsung lama dan yang memungkinkan dilakukannya penyadapan pesan-pesan rahasia mereka oleh fihak intelejen Barat. Menurut Post, sumber dari pembocoran ini belum diketahui.

Pejabat Gedung Putih mengatakan mereka tidak terlibat dalam pembocoran ini. Jurubicara Gedung Putih Dana Perino mengatakan pemerintah prihatin dengan pembocoran ini karena bisa mempersulit pengumpulan intelejen atau membuat warganegara segan untuk memberi informasi.

Sementara itu, sebuah laporan dari Gedung Putih mengenai keamanan nasional mengatakan, jaringan al-Qaida masih merupakan ancaman ekstremis yang paling serius dan berbahaya yang dihadapi Amerika. Dalam laporan Strategi Nasional Untuk Keamanan Dalam Negeri, yang dikeluarkan hari Selasa, Gedung Putih mengatakan al-Qaida berhasil melindungi para pemimpinnya, menggantikan operator-operator mereka dan memperbaharui tempat-tempat berlindung di wilayah suku Pakistan.

Laporan itu menambahkan jaringan teror ini masih akan terus meningkatkan usahanya untuk menempatkan operator-operator nya di Amerika. Usaha Amerika untuk menangkap pemimpin al-Qaida, Osama bin Laden sejauh ini tidak membuahkan hasil. Pengecam pemerintah mengatakan perang di Irak telah mengalihkan pehatian dari usaha mengejarnya, sebuah tuduhan yang dibantah Gedung Putih.

Juga hari ini, Kementerian Luar Negeri Amerika mengeluarkan sebuah peringatan yang mengutarakan keprihatinan dengan masih adanya ancaman serangan teroris, dan tindak-tindak kekerasan lainnya terhadap kepentingan Amerika.

XS
SM
MD
LG