Tautan-tautan Akses

Olmert, Abbas Bahas Rumusan Pernyataan Bersama Negara Palestina


Israel dan Palestina dilaporkan akan segera mulai merumuskan pernyataan bersama tentang pembentukan negara Palestina yang akan dibahas dalam konperensi perdamaian di Amerika bulan depan.

Perdana menteri Israel Ehud Olmert dan Presiden Palestina Mahmud Abbas membahas hal itu di Jerusalem hari ini. Kata jurubicara Israel, tim perunding kedua pihak akan bertemu beberapa kali dalam minggu-minggu mendatang untuk menyusun rancangan pernyataan bersama itu.

Condoleezza Rice, menteri LN Amerika akan berkunjung ke Timur tengah minggu depan untuk menjembatani jurang perbedaan yang masih ada antara kedua pihak.

Abbas dilaporkan menginginkan pernyataan yang dengan tegas menyebut status kota Jerusalem, masalah pengungsi palestina dan garis perbatasan final antara Israel dan Palestina. Namun, Olmert katanya hanya menginginkan suatu pernyataan umum tentang prinsip-prinsip yang akan dianut.

David Baker, seorang jurubicara Olmert, belakangan mengatakan, tim-tim perunding akan bertemu beberapa kali dalam beberapa pekan mendatang untuk mulai menyusun pernyataan tersebut.

Sementara itu, Amerika berencana menjadi tuan rumah konferensi Timur Tengah pada November mendatang.

XS
SM
MD
LG