Tautan-tautan Akses

Bush Bertemu Presiden Irak Jalal Talabani di Washington


Presiden Amerika George W. Bush telah bertemu dengan Presiden Irak Jalal Talabani di Washington bagi pembicaraan mengenai reformasi politik yang sekarang berlangsung di Irak.

Gedung Putih mengatakan diskusi mereka hari Selasa menyentuh soal RUU mengenai berbagi pendapatan minyak, mengotorisasi pemilu tingkat provinsi, dan mengizinkan para anggota bekas partai berkuasa pimpinan Saddam Hussein untuk memegang jabatan dalam pemerintah sekarang ini.

Jurubicara Gedung Putih Dana Perino mengatakan Presiden Bush menandaskan pentingnya reformasi, tetapi tidak menetapkan tenggat waktu bagi Presiden Irak itu untuk mencapai patokan-patokan tertentu.

Perino mengatakan baik Bush maupun Talabani tidak membahas isu kontraktor keamanan Amerika Blackwater, yang kini diusut atas pembunuhan warga sipil Irak sewaktu menyediakan penjagaan keamanan bagi para diplomat Amerika di Irak.

Kongres Amerika saat ini sedang mempertimbangkan permintaan Presiden Bush sebanyak 190-milyar dolar untuk mendanai perang di Irak dan Afghanistan. Jajak pendapat umum menunjukkan kebanyakan warga Amerika menghendaki dana itu dipotong.

XS
SM
MD
LG