Tautan-tautan Akses

Pasukan Keamanan Irak Tangkap 18 Tersangka Teroris Terkait al-Qaida


Tentara Amerika di Irak mengatakan, pasukan keamanan Irak telah menangkap 18 tersangka teroris yang diduga terkait dengan al-Qaida di Irak.

Dalam pernyataan hari Minggu, dikatakan bahwa para tersangka militan ditangkap dalam razzia hari Sabtu di provinsi Diyala. Para pejabat militer Amerika mengatakan, Pasukan Khusus Amerika bertindak sebagai penasihat tentara Irak.

Para tahanan itu diduga anggota sel teroris yang melakukan penculikan dan pembunuhan di wilayah Mandali, Diyala bagian tenggara.

Sementara itu Departemen Pertahanan Irak mengatakan, tentara Irak menewaskan 40 militan sejak Sabtu dalam operasi di provinsi Diyala, Salahuddin dan Kirkuk. Para pejabat militer di Baghdad mengatakan, tentara Amerika menewaskan 20 orang pemberontak yang menembaki pesawat Amerika yang terbang rendah di Baghdad.

Sebelumnya, militer Amerika di Irak mengatakan pasukan koalisi telah menangkap 15 tersangka yang diduga terlibat dalam penyelundupan senjata di seantero negara itu.

Dikatakan, ke-15 orang itu ditangkap tanpa insiden dalam penggerebekan Minggu dini hari di Bagdad. Militer Amerika mengatakan salah seorang dari yang ditangkap itu diduga adalah komandan senior jaringan penyelundupan.

Hari Sabtu, para pejabat Irak mengatakan pemberontak menewaskan paling kurang enam orang di kota Mosul dan sekitarnya. Yang tewas mencakup 4 orang polisi, dua warga sipil dan seorang reporter Irak yang bekerja bagi sebuah suratkabar setempat.

Militer Amerika juga mengatakan dua tentara Amerika tewas oleh tembakan senapan hari Sabtu – satu di provinsi Diyala, Irak timurlaut dan seorang lainnya di Bagdad selatan.

XS
SM
MD
LG