Tautan-tautan Akses

Hill: AS Harapkan Peta Jalan Perlucutan Nuklir Korea Utara


Perundingan enam negara mengenai program nuklir Korea Utara telah dibuka kembali, dengan para diplomat berharap mencapai persetujuan mengenai rincian bagaimana melumpuhkan fasilitas-fasilitas nuklir negara itu.

Perundingan di Beijing pekan ini diduga juga akan terfokus pada penetapan jadual bagi Pyongyang untuk mengungkapkan semua kegiatan nuklirnya.

Kepala utusan Amerika ke pembicaraan enam pihak mengenai program nuklir Korea Utara mengatakan para perunding berharap akan menyepakati sebuah petajalan yang merinci langkah-langkah perlucutan senjata yang akan diambil sampai akhir tahun. Pembantu Mentri LN Christopher Hill mengatakan di Beijing hari ini, pihak-pihak dalam perundingan diperkirakan akan mengeluarkan sebuah pernyataan mengenai hal ini Jumat ini.

Korea Utara Februari lalu sepakat untuk meninggalkan program nuklirnya dengan imbalan bahan bakar dan konsesi politik. Negara itu telah menutup fasilitas nuklir utamanya di Yongbyon. Perundingan enam pihak itu termasuk AS, Korea Utara dan Selatan, Jepang, Cina dan Rusia.

Hill bertemu dengan pejabat Korea Utara Kim Kye Kwan hari ini, dalam upaya menyelesaikan perbedaan pendapat yang muncul dalam pertemuan kemarin.

XS
SM
MD
LG