Tautan-tautan Akses

Hill: Pembicaraan Enam Pihak Bisa Gagal Akibat Perselisihan Korut-Jepang


Perunding nuklir Amerika yang utama, Christopher Hill, mengatakan pembicaraan enam negara untuk mengakhiri program nuklir Korea Utara tidak akan berhasil jika Korea Utara dan Jepang tidak menyelesaikan perselisihan mereka.

Christopher Hill mengatakan di Tokyo hari ini bahwa menyelesaikan isu penculikan yang dilakukan Korea Utara terhadap warga Jepang, sangat penting untuk keberhasilan pembicaraan nuklir.

Korea Utara telah mengaku menculik warga Jepang dalam tahun 1970an dan 1980an. Negara itu membebaskan lima orang yang diculik tahun 2002, tetapi Jepang mengatakan masih banyak warga Jepang yang ditahan Korea Utara. Isu tersebut telah menegangkan hubungan antara kedua negara.

Para utusan dari Amerika Serikat, Jepang, Cina, Rusia, Korea Selatan dan Utara akan bertemu di Beijing Kamis besok untuk membicarakan proses perlucutan senjata nuklir Korea Utara.

Februari lalu, Korea Utara setuju untuk meninggalkan program nuklirnya dengan imbalan bantuan bahan bakar dan konsesi politik dari pihak-pihak lain dalam perundingan tersebut.

Ada banyak laporan menyebutkan, Amerika akan mencabut Korea Utara dari daftar negara-negara yang mensponsori terorisme. Namun di Tokyo, Christopher Hill membantahnya.

XS
SM
MD
LG