Tautan-tautan Akses

Kuartet Timur Tengah Dukung Rencana Konferensi Perdamaian Internasional


Kuartet Timur Tengah mendukung rencana Presiden Bush bagi konferensi perdamaian internasional mengenai Timur Tengah di Amerika tahun ini. Menlu Amerika Condoleeza Rice membahas rincian konferensi itu dalam pertemuan di New York kemarin dengan para pejabat Rusia, PBB dan Uni Eropa.

Menteri Rice mengatakan, konferensi yang akan dibuka bulan November itu akan berkomitmen pada penyelesaian damai antara Israel dan Palestina. Menurut Rice, Syria akan termasuk di antara negara-negara Arab yang diharapkan menghadiri serangkaian pertemuan yang menurut Rice akan membahas isu-isu serius dan substantive.

Hari ini Presiden Bush akan ke New York, di mana ia akan berpidato di depan Majelis Umum PBB dan besok bertemu dengan duta besar Kuartet Timur Tengah dan mantan PM Inggris Tony Blair.

Sebelumnya, seorang pejabat senior Amerika mengatakan Amerika akan mengundang 12 negara Arab termasuk Syria, ke konferensi perdamaian Timur Tengah. Sumber yang tidak mau disebut namanya mengatakan undangan untuk konperensi perdamaian mendatang akan diberikan antara lain kepada Israel, Penguasa Palestina, Syria, Lebanon, Qatar, Arab Saudi, Jordania serta Mesir.

XS
SM
MD
LG