Tautan-tautan Akses

Fujimori Tiba di Lima, Hadapi Tuduhan Korupsi dan Pelanggaran HAM


Mantan Presiden Peru Alberto Fujimori telah tiba di Lima, Peru untuk menghadapi tuduhan korupsi dan pelanggaran HAM. Pesawat yang membawa mantan Presiden berusia 69 tahun itu tiba di pangkalan Angkatan Udara Lima, Sabtu malam, di mana sekelompok pendukung menunggu untuk menyambut dia.

Puterinya, Keiko, salah seorang pembuat undang-undang Peru, menyerukan kepada para pendukungnya untuk mengadakan rapat umum, berkumpul di sekitarnya.

Alberto Fujimori dituduh korupsi dan mendukung pembunuhan terhadap 25 orang oleh regu paramiliter dalam masa jabatan kepresidennannya selama 20 tahun. Fujimori membantah tuduhan itu. Alberto Fujimori belum pernah kembali ke Peru sejak dia meletakkan jabatan kepresidenan dalam tahun 2000.

Ia tinggal dalam pengasingan di Jepang selama 5 tahun, tempat asal leluhurnya, sebelum terbang ke Chile dalam tahun 2005 untuk kembali ke kancah politik. Ia ditahan segera setelah tiba di sana.

Hari Jum’at, Mahkamah Agung Chile menetapkan bahwa dia harus dipulangkan ke Peru untuk menghadapi 7 dari 13 tuduhan terhadap dirinya.

XS
SM
MD
LG