Tautan-tautan Akses

Lari Beranting Obor Olimpiade Beijing Tak Akan Lewati Taiwan


Para pejabat di Taiwan mengatakan lari beranting obor Olimpiade 2008 tidak akan melewati pulau itu, setelah perundingan dengan Cina gagal memenuhi batas waktu.

Para pejabat hari ini mengatakan kedua pihak tidak berhasil mencapai kesepakatan setelah berunding lebih dari sebulan. Hari Jumat kemarin merupakan batas waktu yang ditetapkan Komite Olimpiade Internasional untuk menyelesaikan masalah itu.

Ketua Komite Olimpiade Taiwan Tsai Chen-wei mengatakan Beijing mengajukan empat syarat baru. Katanya Taiwan tidak dapat menerima tuntutan Beijing agar simbol-simbol nasional Taiwan tidak boleh dipajang sepanjang jalan yang dilewati.

Jurubicara pemerintah Hsieh Chih-wei mengatakan Taiwan tulus selama perundingan, tetapi tidak akan mengorbankan demokrasi dan hak asasi yang dijunjung pulau itu.

Pihak pelaksana olimpiade Cina menyatakan penyesalan obor itu tidak melewati Taiwan. Dalam sebuah pernyataan di situs Web-nya, Komite Pelaksana Olimpiade Beijing mengatakan Taiwan telah menciptakan yang disebut “preseden jahat” dengan menolak lari beranting obor itu.

XS
SM
MD
LG