Tautan-tautan Akses

Lavrov: Sistem Pertahanan Rudal Eropa untuk Pantau Wilayah Rusia


Menteri luar negeri Rusia mengatakan proposal Amerika untuk membangun sistem pertahanan rudal di Polandia dan Republik Ceko sebenarnya dimaksudkan untuk memantau wilayah Rusia.

Sergei Lavrov mengatakan itu dalam wawancara hari ini di televisi Rusia yang dikelola negara. Dia mengatakan itu menanggapi keraguan Amerika atas tawaran Rusia untuk menggunakan bekas radar Sovyet di Azerbaijan bagi sistem pertahanan rudal itu.

Para pejabat Amerika pekan ini mengunjungi stasiun radar Qabala untuk mengetahui kemungkinan penggunaannya dalam program pertahanan rudal yang direncanakan. Tetapi mereka mengindikasikan stasiun itu tidak bisa menggantikan sistem Amerika.

Lavrov mengatakan para pejabat Amerika keberatan dengan stasiun radar Qabala itu karena stasiun itu tidak bisa memantau wilayah Rusia, tetapi radar yang direncanakan Amerika di Republik Ceko bisa.

Presiden Rusia Vladimir Putin menawarkan penggunaan bersama stasiun radar Azerbaijan itu dalam perundingan bulan Juni dengan Presiden Amerika George Bush yang menunjukkan minat pada proposal tersebut.

XS
SM
MD
LG