Tautan-tautan Akses

Perundingan Enam Pihak Nuklir Korut Dilakukan Pekan Depan


Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Tom Casey mengatakan, perundingan enam negara untuk mengakhiri program nuklir Korea Utara mungkin dilakukan pekan depan.

Kepada wartawan di Washington kemarin, Casey mengatakan, tuan rumah perundingan, Cina, telah berkonsultasi dengan negara-negara peserta lain mengenai kemungkinan mengubah jadual pertemuan di Beijing itu menjadi pekan depan. Ditambahkan, Cina belum berbicara dengan satu negara, mengenai kemungkinan penjadualan kembali itu.

Utusan dari Korea Utara, Korea Selatan, Cina, Jepang, Rusia dan Amerika semula dijadualkan bertemu di Beijing kemarin, tetapi Cina membatalkan pertemuan itu karena alasan yang tidak dijelaskan. Para utusan ke perundingan itu akan membahas tahap kedua perjanjian perlucutan nuklir Korea Utara yang dicapai bulan Februari.

Sementara itu, Presiden Bush mengatakan ia memperkirakan Korea Utara akan menghentikan program senjata nuklirnya, dan ia memperingatkan kepada Pyongyang agar tidak menjadi penyebar senjata.

Presiden Bush berbicara di Gedung Putih hari ini, menolak memberi komentar mengenai laporan intelijen Amerika bahwa Korea Utara mungkin telah membantu Suriah dengan kegiatan nuklirnya. Korea Utara menyangkal hal itu.

XS
SM
MD
LG