Tautan-tautan Akses

Militer Birma Gunakan Gas Air Mata untuk Bubarkan Aksi Protes


Para penguasa militer di Birma mengaku menggunakan gas air mata dan melepaskan tembakan peringatan untuk membubarkan aksi protes terhadap pemerintah oleh kira-kira seribu biarawan agama Buddha.

Surat-kabar pemerintah “New Light of Myanmar” melaporkan hari ini bahwa pihak berwajib menggunakan kekuatan militer Selasa kemarin setelah para biarawan tersebut menggunakan kekerasan di Sittwe – 550 kilometer di sebelah baratlaut Rangoon. Pemerintah pada umumnya tidak mengizinkan penentangan, dan jarang mengakui pihaknya menggunakan kekuatan militer.

Aksi protes Selasa kemarin di Sittwe adalah satu di antara beberapa demonstrasi di seluruh negara itu, dan yang terbaru dalam serangkaian unjuk rasa damai yang terjadi sejak pemerintah melipat-duakan harga bahan bakar bulan lalu.

Para aktivis demokrasi memulai aksi protes tersebut, tetapi dalam beberapa pekan belakangan ini para biarawan di Birma telah memimpin aksi unjuk rasa tersebut. Mereka menuntut permintaan maaf dari pemerintah karena menggunakan kekuatan militer terhadap aksi protes sebelumnya dalam bulan ini

XS
SM
MD
LG