Tautan-tautan Akses

AS, Israel Sepakat Jalur Gaza Dianggap Kawasan Musuh


Amerika sepakat dengan Israel bahwa jalur Gaza sekarang dianggap sebagai kawasan musuh karena dikuasai oleh kelompok milisi Palestina Hamas.

Ini dikatakan oleh menteri LN Condoleezza Rice. Tapi ia menambahkan Amerika tidak akan menelantarkan nasib orang-orang Palestina yang tidak bersalah di jalur Gaza yang miskin itu.

Kabinet Israel hari ini menyatakan jalur Gaza sebagai kawasan musuh. Keputusan ini akan memungkinkan pemutusan berbagai supplai penting ke kawasan itu. Kata pejabat Israel, tindakan itu adalah balasan atas serangan roket yang dilancarkan milisi Palestina dari jalur Gaza.

Condoleezza Rice sedang berkunjung ke Timur tengah untuk menyiapkan konperensi perdamaian israel-palestina yang juga akan membahas pendirian negara Palestina.

Hari Kamis ini, Rice akan bertemu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas.

Condoleezza Rice akan berusaha menjembatani perbedaan pendapat antara Israel dan Palestina tentang pendirian negara Palestina. Rancangan perjanjian itu diharapkan akan bisa diajukan dalam konperensi internasional bulan November yang disponsori Amerika.

XS
SM
MD
LG